Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Berbagai Macam Pencegahan Penyakit Stroke dari SehatQ.com

Keberadaan berbagai jenis gangguan kesehatan sangatlah mengancam. Info penyakit stroke menjadi wawasan penting agar bisa melakukan pencegahan secara dini. Ada banyak sekali cara-cara untuk mencegahnya sehingga bisa terhindar dari risiko berbahaya.

Cara-cara Pencegahan Penyakit Stroke

Stroke menjadi penyakit paling mematikan di dunia. Korban yang meninggal selalu meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, penting sekali untuk bisa melakukan pencegahan sehingga tidak terkena serangan berbahaya dan mematikan ini. Berikut sejumlah caranya.

1. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Penyakit stroke diakibatkan oleh adanya penyumbatan aliran darah sehingga suplai oksigen ke otak jadi terhambat. Maka dari itu, penting sekali menjaga tekanan darah dalam tubuh karena jika tinggi menyebabkan hipertensi sehingga risiko penyakit ini semakin besar.

stroke

Lakukan kebiasaan-kebiasaan sehat dalam hidup agar tekanan darah stabil. Sebagai contoh, mengurangi asupan garam dalam makanan dan tidak memakan yang berlemak atau kolesterol tinggi. Dengan demikian, pilihlah nutrisi tepat berupa konsumsi buah serta sayuran.

2. Menjaga Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

Selain menjaga tekanan, kadar gula darah juga menjadi faktor penting. Jika membiarkannya terus naik dan tidak stabil, memberikan risiko diabetes semakin besar. Hal inilah kemudian akan menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh.

Diabetes dan darah tinggi menjadi penyakit awal yang menyebabkan pembekuan darah ini. Anda bisa melakukan pencegahan dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat tidak mengandung gula tinggi. Lakukan pengaturan jam makan tepat dengan porsi sesuai kadar nutrisi.

3. Jangan Terlalu Gemuk

Tubuh yang terlalu gemuk juga bisa menjadi penyebab terjadinya stroke. Anda harus bisa mengontrol berat badan sehingga terhindar dari komplikasi lain di mana bisa memperparah keadaan. Hal ini jadi catatan penting terlebih pada penderita obesitas.

Menurunkan berat badan mungkin sangat sulit bagi sebagian orang, apalagi jika sudah berumur tua dan faktor penyakit lainnya. Maka dari itu, konsumsi makanan secara lebih sehat. Asupan kalori yang tepat adalah kurang dari 2.000 per harinya.

4. Rajin Olahraga

Pada info penyakit tentang cara pencegahan stroke berikutnya adalah dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya. Hal ini akan membuat tubuh lebih sehat, peredaran darah lancar, serta mendapatkan berat badan ideal.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, Anda bisa memulainya dengan cara sedang seperti berlari. Lakukan setidaknya 5 kali seminggu secara rutin. Dengan mengolah tubuh terus bergerak aktif, maka risiko stroke bisa diturunkan.

5. Pola Hidup Sehat

Pada masyarakat modern seperti sekarang rasanya sudah menjadi kebiasaan melakukan hal-hal tidak sehat. Sebagai contoh, merokok, makan makanan junk food, suka begadang, stress, dan lain sebagainya. Padahal inilah cikal bakal terjadinya penyakit stroke.

Dalam rangka menghindari risiko tersebut, maka lakukan pola hidup lebih sehat. Jangan merokok, minum minuman alkohol, dan lainnya. Kemudian pastikan selalu memikirkan hal-hal positif sehingga terhindar dari stress.

6. Mengatasi Masalah Detak Jantung Tidak Normal

Jika Anda mengalami masalah detak jantung tidak normal, maka segera lakukan pemeriksaan. Jika tidak, maka bisa menyebabkan pembekuan darah pada organ tersebut. Dengan begitu, memiliki risiko terjadinya stroke.

Jika Anda memeriksakan ke dokter, biasanya akan mendapatkan obat pengencer darah. Maka, apabila tidak melakukan pemeriksaan, gejala stroke lainnya akan menyerang secara tiba-tiba tanpa disadari. Dengan begitu, ia mendapat julukan pembunuh diam.

Itulah ulasan info penyakit tentang cara pencegahan stroke. Lakukan pola hidup sehat sejak dini agar mengurangi risiko-risiko terkena gangguan sakit ini.

Posting Komentar untuk "Mengetahui Berbagai Macam Pencegahan Penyakit Stroke dari SehatQ.com"